BIMBINGAN DI SD

BIMBINGAN DI SEKOLAH DASAR

 

I. HAKEKAT BIMBINGAN DI SD

1. MAKNA DAN PRINSIP UMUM BIMBINGAN

2. KEDUDUKAN DAN PERMASALAHAN BIMBINGAN DI SD

3. HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN KURIKULUM

4. PENDEKATAN PERKEMBANGAN DALAM BIMBINGAN

II.TEKNIK-TEKNIK MEMAHAMI PERKEMBANGAN MURID

1. TEKNIK TES

2. TEKNIK NON TES

III.BIMBINGAN BELAJAR   (kelompok 1)

  1. DIFINISI BELAJAR
  2. BIMBINGAN BELAJAR
  3. JENIS-JENIS MASALAH BELAJAR
  4. MENGIDENTIFIKASI MURID YANG DIPERKIRAKAN MENGALAMI MASALAH BELAJAR
  5. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA MASALAH BELAJAR MURID SD
  6. UPAYA MEMBANTU MURID DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR

IV. BIMBINGAN BAGI MURID TUNA CAKAP BELAJAR   (kelompok 2)

  1. PENGERTIAN DAN JENIS TUNA CAKAP BELAJAR
  2. JENIS-JENIS TUNA CAKAP BELAJAR
  3. KARAKTERISTIK MURID TUNA CAKAP BELAJAR
  4. IDENTIFIKASI KETUNACAKAPAN BELAJAR
  5. FAKTOR-FAKTOR YANG MENIMBULKAN KETUNACAKAPAN BELAJAR
  6. TEKNIK MEMBANTU MURID TUNA CAKAP BELAJAR DAN PENCEGAHANNYA

V. BIMBINGAN BAGI MURID CERDAS  DAN BERBAKAT    (kelompok  3)

  1. DASAR FORMAL DAN EMPIRIK PELAKSANAAN BIMBINGAN BAGI   MURID CERDAS DAN BERBAKAT DI SD
  2. PENGERTIAN MURID CERDAS DAN BERBAKAT
  3. KEBUTUHAN DAN KARAKTERISTIK MURID CERDAS DAN    BERBAKAT
  4. IDENTIFIKASI MURID CERDAS DAN BERBAKAT
  5. PENYELANGGARAAN PENDIDIKAN BAGI MURID CERDAS DAN BERBAKAT
  6. TEKNIK BIMBINGAN BAGI  MURID CERDAS DAN BERBAKAT
  7. PENYELENGGARAAN KELAS UNGGULAN SEBAGAI MODEL BIMBINGAN BAGI MURID CERDAS DAN BERBAKAT

 

VI. BIMBINGAN BAGI MURID BERKELAINAN     (kelompok  4)

  1. PENGERTIAN MURID BERKELAINAN
  2. HAK DAN KEBUTUHAN MURID BERKELAINAN
  3. JENIS-JENIS MURID BERKELAINAN
  4. KARAKTERISTIK SETIAP JENIS MURID BERKELAINAN
  5. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MURID BERKELAINAN
  6. ALTERNATIF BANTUAN SERTA BIMBINGAN KHUSUS YANG DIBERIKAN BAGI MURID BERKELAINAN

VII. BIMBINGAN BAGI ANAK BERPERILAKU BERMASALAH (kelompok  5)

  1. PENGERTIAN DAN JENIS PERILAKU BERMASALAH
  2. BENTUK-BENTUK PERILAKU BERMASALAH
  3. MASALAH-MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MURID SD
  4. TEKNIK MEMBANTU MURID BERMASALAH

VIII. BIMBINGAN BAGI PERKEMBANGAN WAWASAN KARIR MURID(kl 6)

  1. SELINTAS PERKEMBANGAN BIMBINGAN KARIR
  2. PENGERTIAN BIMBINGAN KARIR
  3. PENTINGNYA  BIMBINGAN KARIR
  4. TUJUAN BIMBINGAN KARIR DI SD
  5. TAHAPAN DAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN KARIR MURID SD
  6. TEKNIK BIMBINGAN KARIR BAGI MURID SD
  7. MATERI  BIMBINGAN KARIR  DI SD

 

IX. MANAJEMEN  DAN PENDUKUNG SITEM BIMBINGAN DI SD  (klp  7)

  1. STRUKTUR PROGRAM BIMBINGAN DI SD
  2. PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN
  3. KETERPADUAN PROGRAM BIMBINGAN DALAM KBM
  4. ORGANISASI DAN ADMINISTRASI BIMBINGAN DI SD

HAKEKAT BIMBINGAN DI SEKOLAH DASAR

DEFINISI :

BIMBINGAN ADALAH PROSES MEMBANTU INDIVIDU UNTUK MENCAPAI PERKEMBANGAN OPTIMAL

BIMBINGAN ADALAH SUATU PROSES (MERUPAKAN KEGIATAN YANG BERKELANJUTAN,BERLANGSUNG TERUS MENERUS DAN BUKAN SEKETIKA ATAU KEBETULAN).

BIMBINGAN ADALAH BANTUAN (MENGEMBANGKAN LINGKUNGAN YANG KONDUSIF BAGI PERKEMBANGAN SISWA, MEMBERIKAN DORONGAN DAN SEMANGAT, MENUMBUHKAN KEBERANIAN BERTINDAK DAN BERTANGGUNG JAWAB, MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN UNTUK MEMPERBAIKI DAN MENGUBAH PERILAKUNYA SENDIRI).

BANTUAN DIBERIKAN KEPADA INDIVIDU (INDIVIDU YANG SEDANG BERKEMBANG DENGAN SEGALA KEUNIKANNYA).

TUJUAN BIMBINGAN ADALAH PERKEMBANGAN OPTIMAL (PERKEMBANGAN YANG SESUAI DENGAN POTENSI DAN SISTEM NILAI TENTANG KEHIDUPAN YANG BAIK DAN BENAR).

PRINSIP-PRINSIP UMUM BIMBINGAN

  • BIMBINGAN DIBERIKAN KEPADA INDIVIDU YANG SEDANG BERADA DALAM PROSES.
  • BIMBINGAN DIPERUNTUKAN BAGI SEMUA SISWA
  • BIMBINGAN DILAKSANAKAN DENGAN MEMPERDULIKAN SEMUA SEGI PERKEMBANGAN SISWA
  • BIMBINGAN BERDASAR PADA PENGAKUAN ATAS KEMAMPUAN INDIVIDU UNTUK MENENTUKAN PILIHAN
  • BIMBINGAN ADALAH BAGIAN TERPADU DARI PROSES PENDIDIKAN
  • BIMBINGAN DIMAKSUDKAN UNTUK MEMBANTU SISWA MEREALISASIKAN DIRINYA

KEDUDUKAN DAN PERMASALAHAN BIMBINGAN DI SEKOLAH DASAR

PP   No. 2/1989, PASAL 25 :

  • BIMBINGAN MERUPAKAN BANTUAN YANG DIBERIKAN KEPADA SISWA DALAM RANGKA UPAYA MENEMUKAN PRIBADI, MENGENAL LINGKUNGAN DAN MERENCANAKAN MASA DEPAN
  • BIMBINGAN DIBERIKAN OLEH GURU PEMBIMBING

MASALAH-MASALAH PERKEMBANGAN SISWA SD MENYANGKUT ASPEK:

  • PERKEMBANGAN FISIK
  • PERKEMBANGAN KOGNITIF
  • PERKEMBANGAN PRIBADI
  • PERKEMBANGAN SOSIAL

TARGET LAYANAN BIMBINGAN :

  • SISWA DENGAN KECERDASAN DAN KEMAMPUAN TINGGI
  • SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR
  • SISWA DENGAN PERILAKU BERMASALAH

HUBUNGAN BIMBINGAN DENGAN KURIKULUM :

  • BIMBINGAN MERUPAKAN PIRANTI (INSTRUMEN) UNTUK MEMAHAMI RENTANG KECAKAPAN, PRESTAS, MINAT, KEKUATAN, KELEMAHAN, MASALAH DAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN SISWA SEBAGAI SEGI-SEGI ESENSIAL YANG MENDASAR PERENCANAAN KEGIATAN KURIKULER
  • BIMBINGAN MEMBANTU SISWA DALAM MEMAHAMI DAN MEMASUKI KEGIATAN  BELAJAR YANG DISEDIAKAN DALAM PENGALAMAN KURIKULER

PERENCANAAN KURIKULER SEKOLAH AKAN MERUPAKAN WAHANA YANG KONDUSIF BAGI LAYANAN BIMBINGAN APABILA MEMPERHATIKAN HAL-HAL BERIKUT :

  • RANCANGAN KEGIATAN KURIKULER MENCAKUP PENGALAMAN BELAJAR YANG DAPAT MENGEMBANGKAN ASPEK RASA DAN KEHENDAK (MOTIVASI)
  • RANCANGAN KEGIATAN KURIKULER MENYEDIAKAN PENGALAMAN BAGI SISWA UNTUK MELAKSANAKAN EKSPLORASI DIRI, YAKNI BELAJAR MEMAHAMI KEADAAN DIRI SECARA REALISTIK DAN BELAJAR MERUMUSKAN SERTA MENGUJI HARAPAN DIRINYA.
  • RANCANGAN KEGIATAN KURIKULER MENYEDIAKAN PENGALAMAN BAGI SISWA YANG BERKENAAN DENGAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN YANG DIPERLUKAN DALAM PERENCANAAN KARIR DAN PENDIDIKAN

 

PENDEKATAN BIMBINGAN, MYRICK DALAM MURO & KOTTMAN, 1995 :

  • PENDEKATAN KRISIS
  • PENDEKATAN REMEDIAL
  • PENDEKATAN PREVENTIF
  • PENDEKATAN PERKEMBANGAN
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s